Fan Pages

Thursday, December 10, 2009

Cermati Kosmetik Anda !

Anda mungkin sering bingung, berapa lama sih, usia kosmetik favorit Anda? Jika terlalu lama disimpan, mungkin saja ada kandungannya yang bisa menyebabkan Kulit Wajah iritasi, lho!

Saat membeli kosmetik terbaru, jangan abaikan apa yang tercantum pada kemasannya. Memang, tak semua kosmetik mencantumkan tanggal kadaluarsanya, seperti halnya produk makanan. Namun, tetap saja Anda perlu mencermati formula dan kandungan di dalamnya.


Jangan sampai kosmetik yang Anda pilih justru akan semakin membuat peradangan pada kulit yang sensitif atau tak sesuai dengan warna kulit setelah Anda pakai. Agar tak salah memilih kosmetik dan kulit tetap "aman", simak penjelasan dr. Maria dari Natasha Skin Care, mengenai kosmetik:

1. Berapa lama kira-kira usia setiap kosmetik? Kapan kosmetik favorit bisa dikatakan sudah kadaluarsa?

Usia lipstik, maskara, bedak, foundation, pelembab, perona Mata, dan lainnya rata-rata bisa bertahan hingga 1-2 tahun.

Bedak, lipstik, mascara, atau foundation bersifat konsisten atau fast moving yang biasa digunakan setiap hari, sehingga akan cepat habis sebelum satu tahun.

Jadi, meskipun pada kemasannya tak dicantumkan tanggal kadaluarsanya, kosmetik bukanlah sesuatu yang akan disimpan dan dipakai lama.

2. Lalu, bagaimana jika senang mengoleksi berbagai kosmetik dan belum habis lebih dari 1-2 tahun?

Asal tak terjadi perubahan ekstrem, masih boleh dipakai. Tetapi, jika terjadi perubahan dari yang berbetuk krim menjadi cair atau dari yang berwarna muda berubah menjadi hitam pekat, sudah tak boleh dipakai lagi.

Namun, Jika perubahannya warnanya tidak ekstrem, misalnya dari warna krem menjadi agak cokelat muda atau dari putih menjadi sedikit menguning, masih tak apa-apa dipakai. Perubahan itu diakibatkan kosmetik teroksidasi udara, karena kurang rapat menutup kemasan atau cara menyimpannya kurang baik. Kosmetik sebaiknya jangan terkena sinar matahari langsung atau suhu panas.

3. Apa yang akan terjadi jika menggunakan kosmetik yang ternyata sudah kadaluarsa?
Kulit tentu akan mengalami iritasi, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Meskipun belum kadaluarsa, kulit yang sensitif bisa saja terkena alergi saat menggunakan kosmetik yang tidak cocok baginya.

TIPS MEMILIH KOSMETIK

• Ketahui dulu jenis kulit Anda. Pada umumnya, hampir 80 persen orang Indonesia berjenis kulit kombinasi (berminyak di area T: dahi, hidung, dahi). Pilih kosmetik, seperti pelembap, foundation, atau bedak yang sesuai jenis kulit.

• Jika berjenis kulit sensitif dan bermasalah, seperti berjerawat , flek, atau kusam, carilah kosmetik yang bisa membantu mengatasi masalahnya. Bagi pemilik kulit sensitif, harus lebih berhati-hati memilih kosmetik. Jangan sampai memilih produk yang comedogenic dan menimbulkan alergi.

• Perhatikan zat-zat aktif apa saja yang terkandung di dalamnya, serta besaran konsentrasinya. Sebab, belum tentu dua orang yang bertipe kulit dan punya masalah yang sama, akan berhasil sama saat memakai kosmetik yang sama.

• Jika ragu dengan produk kosmetik yang dijual bebas, dating saja ke dokter kulit atau ke klinik kecantikan. Dokter akan lebih mengetahui kandungan yang ada di dalam kosmetik yang akan digunakan.

Sumber : Nova

This Blog is Powered by 

Digg It! Stumble Delicious Technorati Tweet It! Facebook

Silahkan Masukkan E-mail Anda Disini
Untuk Mendapatkan Update Artikel Dari Blog Ini.
GRATIS:


Delivered by FeedBurner


0 comments:

"Want to increase visitor traffic and your web popularity quickly and unlimited ...?
Let me ..., I'll do it for you FREE ...!!!
Click here-1 and here-2"

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP