Fan Pages

Thursday, April 29, 2010

Online Vs Mata Sehat

Hobby browsing?, chatting?, Blogging? betah berlama-lama online? dijamin bikin mata jadi cepat lelah.  

Berikut tips supaya bisa tetap online seru dan tetap punya mata sehat:

  1. Kurangi Radiasi komputer dengan: menggunakan pelindung monitor komputer (filter) atau Singkirkan CRT, Beralih ke LCD, Monitor tabung (CRT) memang memberi efek yang lebih buruk dibanding LCD, selain energi yang dibutuhkan juga lebih besar. Cobalah mengganti monitor CRT kita dengan LCD.
  2. Jaga jarak pandang dari monitor.
    Berada terlalu dekat dengan monitor memang sedikit membahayakan bagi mata kita. Seharusnya kita menjaga jarak pandang ke monitor kita dengan baik. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi (50-100cm) dari mata.
  3. Kalau mata cepat lelah saat menatap layar monitor, mungkin disebabkan oleh pencahayaan monitor yang terlalu terang atau kurang terang. Sebaiknya sesuaikan brightness dan contrast monitor. Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Adakalanya manfaatkan hal tersebut.
    Misal settingan seperti, ‘text’ atau ‘internet’ akan terasa lebih sejuk di mata, saat kita gunakan untuk mengetik ataupun browsing. Setingan ‘game’ atau ‘movie’ akan terlihat lebih terang saat digunakan.
  4. Berikan mata waktu beristirahat untuk beberapa saat, misalnya dengan memejamkan mata sejenak. Hal ini berguna untuk mengurangi kepenatan mata kamu. Terapi 'hijau' boleh juga. Terapi hijau adalah mengistirahatkan mata sejenak dengan memandangi tumbuh-tumbuhan hijau. Cara ini efektif untukmenyegarkan mata kita.
  5. Untuk menyamarkan lingkar hitam pada mata, kompres mata dengan kantung teh celup dingin selama 10 menit.
  6. Jangan lupa mengonsumsi vitamin A untuk kesehatan mata. 
This Blog is Powered by www.bukanbundabiasa.com 


Digg It! Stumble Delicious Technorati Tweet It! Facebook

Silahkan Masukkan E-mail Anda Disini
Untuk Mendapatkan Update Artikel Dari Blog Ini.
GRATIS:


Delivered by FeedBurner


1 comments:

Anonymous,  May 5, 2010 at 7:52 AM  

nice info..like it

"Want to increase visitor traffic and your web popularity quickly and unlimited ...?
Let me ..., I'll do it for you FREE ...!!!
Click here-1 and here-2"

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP